Senin, 01 Juli 2013

Masakan Dari Daging Sapi

Cara Membuat Dendeng Sapi


Dendeng sapi adalah olahan daging sapi yang dipotong tipis-tipis kemudian dibumbui dengan bumbu rempah, dan dikeringkan dengan cara dijemur hingga benar-benar kering kemudian digoreng. Melalui proses tersebut sehingga dendeng sapi bisa menjadi lebih awet untuk disimpan selama berhari-hari, karena dengan cara dikeringkan tersebut bisa memperlambat pertumbuhan bakteri yang ada pada daging sapi.

Dibeberapa tempat wisata di Indonesia terkadang kita juga bisa menemukan oleh-oleh kuliner berupa dendeng sapi dengan kemasan dan merk tertentu. Namun jika anda ingin mencoba membuatnya sendiri untuk lauk makan keluarga, dan belum tahu cara dan resepnya, pada artikel ini kami juga akan sedikit berbagi tentang cara membuat Dendeng Sapi buat anda yang tertarik ingin membuatnya.


Bahan-bahan yang dibutuhkan
1KG daging sapi
2 jari lengkuas
6 sendok kecil ketumbar
15 siung bawang putih
40 siung bawang merah
600 gram gula Jawa
4 sendok kecil garam
100ml air

Cara membuat
1. Iris tipis-tipis daging sapinya
2. Parut lengkuas
3. Haluskan bahan-bahn bumbunya seperti ketumbar, bawang merah dan putih, gula Jawa, beserta garam
4. Siapkan wadah kemudian tuangkan air, bumbu halus dan lengkuas parut kemudian aduk hingga merata dan larut
5. Jika sudah irisan-irisan daging sapi direndam didalam air bumbu diatas kira-kira 1 hingga 2 jam
6. Jika sudah angkat kemudian jemurlah dibawah terik sinar matahari hingga benar-benar kering, atau juga bisa apabila tidak mau repot taruh diatas loyang kemudian oven kira-kira 2 jam.
7. Gorenglah hingga matang jika anda ingin mengkonsumsinya   

Cukup mudah bukan sekarang Dendeng Sapi anda sudah jadi dan siap untuk disantab dengan nasi hangat, dan jika anda ingin lebih nikmat bisa juga dinikmati dengan saus pedas apabila anda suka. 

Cara Membuat Abon Sapi


Abon adalah salah satu jenis lauk untuk makan yang sangat disukai oleh masyarakat dari segala lapisan, karena rasanya yang sangat gurih dan lezat. Lauk seperti ini pada umumnya terbuat dari daging hewan dan salah satu jenis daging yang sering digunakan adalah daging sapi. Jika dilihat dari teksturnya, abon sangatlah lembut yaitu berupa serat daging yang disuwir-suwir agak menyerupai kapas dan kering tanpa kadar air sedikitpun, sehingga abon akan tahan lama jika dibandingkan jenis lauk lain yang sama-sama terbuat dari daging.

Tidak perlu berpanjang lebar lagi, mungkin ada diantara anda yang ingin mencoba membuat abon sapi sendiri. Oleh karena itu dikesempatan kali ini kami akan sedikit berbagi mengenai cara membuat abon sendiri beserta dengan resepnya. Jika anda tertarik silahkan baca yang dibawah ini.

 
Bahan-bahan yang dibutuhkan
500 gram daging sapi tanpa lemak dan urat
125 ml santan kental
1 helai daun salam
1/2 cm lengkuas kemudian dimemarkan

Bumbu Halus :
2 siung bawang putih
3 butir bawang merah
1 sendok ketumbar
Gula merah sesuai selera(bila suka manis bisa agak banyak)
Garam secukupnya

Cara membuat
1. Rebuslah daging dengan campuran air, garam, lengkuas dan daun salam hingga daging menjadi empuk
2. Jika sudah potong-potong daging, kemudian pukul-pukul hingga daging menjadi agak renggang, kemudian disuwir-suwir
3. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak hingga harum, kemudian masukan daging yang telah disuwir-suwir kemudian aduk.
4. Jika sudah tuangkan santan, kemudian masaklah hingga kering
5. Angkat kemudian tiriskan dan dipres agar minyaknya benar-benar hilang(Lebih baik lagi jika mengguanakan alat peniris)
6. Jika sudah benar-benar kering dan ada abon yang menggumpal tekan-tekan dengan garpu agar terpisah.


 
Cara Membuat Bola Bakso dari Daging Sapi


Bola-bola bakso pada umumnya yang paling sering adalah terbuat dari daging sapi sehingga rasanya akan sangat gurih. Selain itu ciri khas lain yang membuat bakso begitu disukai adalah ketika digigit agak kenyal yang memberikan sensasi tersendiri untuk memakannya. Bakso sapi mudah untuk bisa kita temukan dipasar-pasar tradisional hingga supermarket dengan kemasan yang menarik, dan pada umumnya selain untuk bahan masakan bakso kuah, juga sangat cocok untuk campuran bermacam-macam masakan dari sup, nasi goreng, mie goreng, capcay dan masih banyak lainnya.

Tidak perlu berpanjang lebar lagi, jika anda ingin membuat bola bakso sendiri, maka untuk artikel kali ini kami akan membahas tentang cara membuat bola bakso yang terbuat dari daging sapi beserta dengan resepnya. Jika tertarik silahkan menyimak yang ada dibawah ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan
500 gram daging sapi segar dengan kualitas baik
200 gram tepung kanji
4 siung bawang putih kemudian haluskan
1/2 sendok kecil merica bubuk
50cc air
Garam secukupnya

Cara membuat

1. Giling daging sapi hingga benar-benar halus dan lembut
2. Campurkan daging sapi giling tersebut dengan tepung kanji, bawang putih halus, garam, merica bubuk, kemudian air sambil diuleni.
3. Ambil adonan satu kepal tangan, kemudian genggam dan tekan-tekan perlahan beberapa kali, hingga muncul keluar diatas tangan berbentuk bulat dan ambil dengan sendok, kemudian masukan dalam air panas.
4. Jika sudah semuanya rebus semua bakso hingga matang, dan jaga air jangan sampai terlalu bergolak agar tidak pecah.

Sekarang bola-bola bakso sapi anda sudah jadi, tinggal dijadikan campuran bermacam-macam masakan seperti bakso kuah dan lain-lain atau juga bisa dimakan langsung dengan saus.


Cara Membuat Rendang Sapi

Rendang daging sapi adalah masakan asli Indonesia, masakan ini berasal dari daerah Padang. Rendang daging sapi ini biasanya di sajikan pada acara pesta atau perayaan hari besar seperti idul adha atau pun idul fitri. Selain itu resep rendang daging sapi ini cocok disajikan pada acara makan-makan bersama seluruh anggota keluarga besar. Tapi jika disajikan sebagai menu sehari-hari pun tentu akan menambah semangat saat waktu makan tiba. Resep rendang daging sapi memang sudah sangat populer dan banyak diajarkan cara pembuatannya secara turun-temurun. Nah jika Anda ingin tahu lebih lengkap tentang resep rendang yang terbuat dari bahan dasar danging sapi ini, ikuti resepnya seperti di bawah ini :
Bahan Rendang Daging Padang :
·    1 ½ kg daging sapi
·    2 biji asam kandis
·    12 gelas santan dari 3 butir kelapa
·    2 lembar daun jeruk purut
·    1 batang serai, memarkan
·    Garam secukupnya
·    1 lembar daun kunyit

Bumbu yang Haluskan:
·    6 siung bawang putih
·    5 buah kemiri
·    1 ons cabe merah
·    2 cm jahe
·    15 buah bawang merah
·    3 cm laos, untuk laos tidak perlu dihaluskan, cukup dengan di keprak saja

Cara membuat rendang daging padang :
Pertama daging dipotong-potong dengan ukuran sesuai keinginan dan selera Anda.  Di dalam wajan yang berbeda, rebus santan dengan bumbu-bumbu yang dihaluskan ditambah daun-daun dan juga asam kandis. Jangan lupa aduk terus sampai mengental agar santannya tidak pecah. Apabila sudah mulai keluar minyak maka masukan potongan-potongan daging sapi tersebut. Aduk dan masak daging sapi dengan api sedang. Apabila ingin dihitamkan dagingnya maka kecilkan apinya.
Angkat dan sajikan dengan nasi putih hangat

Tips Dalam Membuat Rendang Daging :
·    Pada 1kg daging dibutuhkan kelapa 3 butir untuk dibuat santan kental, jadi apabila 1,5 kg daging sebaiknya 5 butir kelapa.
·    Sebaiknya tambahkan 3 lembar daun salam, serai ditambah jadi 2 batang, daun jeruk ditambah menjadi 4 lembar
·    Saat memasak rendang tambahkan 2 sdm kelapa parut sangrai yang sudah digiling halus sampai keluar minyak saat memasak daging tadi.
·    Tambahkan sedikit gula, jika Anda suka
·    Agar bumbu meresap ke dalam daging, sebaiknya daging diungkep dulu bersama dengan semua bumbu & daun, setelah air dagingnya kering baru masukan santan, diaduk terus sampai mendidih. Lalu kecilkan api dan  masak sampai bermiyak (hitam) dengan sekali-sekali diaduk agar tidak lengket dan juga matangnya merata.
·    Memeras santan untuk rendang, sebaiknya perasan pertama jangan ditambahkan air dulu. Maka peras kelapa dengan menggunakan kain / serbet khusus agar patinya keluar.
Itulah resep dan tips membuat rendang daging sapi. Selamat Mencoba

Cara Membuat Sate Sapi 

Sate merupakan makanan khas Indonesia yang pantas dibanggakan. Pada umumnya sate terbuat dari daging kambing atau ayam. Namuan ada beberapa penjual mencoba menggunakan bahan daging sapi, dan tak jarang laris juga. Kuncinya ada pada bumbu dan cara masak, sehingga membuat sate sapi enak rasanya. Berikut cara membuat sate sapi yang enak.

1.    Cara membuat sate sapi :
a.    Siapkan 500 gr daging sapi khas dalam, potong-potong, dan tusuk dengan tusukan sate
b.    Haluskan bumbu :
-       10 siung bawang merah
-       3 siung bawang putih
-       3 buah cabai merah
-       2 cm laos
-       2 sdt ketumbar
-       1/4 sdt jintan
-       1/2 sdt merica
-       50 gram gula merah
-       2 sdm air asam jawa (dari 1 sdt asam jawa)
-       1 sdt garam
c.    Lumuri sate dengan bumbu, lalu simpan dalam kulkas sekitar 3 jam

2.    Cara membuat bumbu kacang untuk sate sapi :
a.    Siapkan bumbu :
-       500 ml santan sedang kentalnya
-       750 gr kacang digoreng, haluskan
-       2 lembar daun salam
-       5 lembar daun jeruk
-       3 batang sereh
-       5 siung bawang putih dirajang dan digoreng
-       2 sdm gula merah disisir
-       1 sdt garam
b.    Rebus santan hingga mendidih, masukkan sereh, daun jeruk, daun salam, bawang goreng, gula merah, garam dan kacang, masak sebentar.

3.    Cara penyajian sate sapi :
a.    Ambil bumbu kacang secukupnya dalam piring saji, taburi dengan kecap manis dan jeruk limo, aduk rata
b.    Bakar sate sampai matang
c.    Letakkan sate diatas piring saji berbumbu

print this page Print halaman ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar