Sabtu, 08 Maret 2014

BAGAIMANA CARA MENGOLAH KEPALA DAN KAKI KAMBING/SAPI?






Kami pengelola aqiqah biasanya kepala dan kaki diberikan ke yang motong atau diambil oleh yang aqiqah kalau pun mau dimasak kami kenakan biaya tambahan karena butuh biaya ekstra.



Pernahkah terpikir oleh anda bahwa sebenarnya bagian kepala dan kaki ini bisa diolah menjadi makanan yang sedap?
Dan taukah anda bahwa bagian kepala ternyata memiliki daging yang cukup banyak bila kita tahu cara mengolahnya?
Dari kepala ini dapat diambil bagian lidah, otak, cungur (mulut) dan serpihan daging yang cukup banyak juga.Berikut ini saya akan memberikan tips bagaimana cara mengolah kepala dan kaki kambing atau sapi yang keras hingga menjadi lunak dan dapat diolah menjadi masakan yang sedap dan enak.
Tips ini berdasarkan dari pengalaman orang di masjid dan dari blog nya http://negeriangin-kazeyuki.blogspot.com/2011/11/bagaimana-cara-mengolah-kepala-dan-kaki.html dan http://iqmaltahir.wordpress.com yang tiap tahunnya; tepatnya Hari Raya Idul Adha, selalu saja mengolah kepala dan kaki kambing. Dan saya pikir apa salahnya berbagi ilmu
diblog muslimkuliner ini toh saya pun mengelola jasa aqiqah di alamat www.al-munawwaraqiqah.blogspot.com yang  mengolah kepala dan kaki kambing.

Pertama kali 
Yang perlu anda lakukan ketika sudah mendapatkan bagian kepala kambing adalah menghilangkan bulu yang ada disekitar kepala. Caranya adalah dengan membakar kepala kambing diatas bara api yang menyala. Jangan lupa untuk membolak - baliknya agar tidak gosong pada satu bagian pun. Ketelatenan dan kesabaran sangat di butuhkan pada bagian ini.






Kedua
Setelah hilang bulu pada seluruh kepala kambing, hilangkan sisa - sisa arang yang menempel di kulit kepala akibat rambut yang terbakar. Caranya adalah dengan mengerik bagian yang terlihat hitam menggunakan pisau dapur sampai terlihat kulit yang sebenarnya.





Ketiga

Setelah kepala kambing tidak lagi berwarna hitam dan terlihat warna yang sebenarnya (umumnya berwarna putih coklat setelah dibakar diatas api----lihat gambar) , jangan lupa untuk mencucinya dengan bersih. Tujuan pencucian ini adalah menghilangkan kotoran sisa - sisa pembakaran dengan tuntas sebelum diolah lebih jauh.









Keempat
kepala kambing yang sudah bersih ; untuk selanjutnya direbus didalam panci. Lamanya perebusan tergantung pada usia kambing tersebut. Intinya semakin tua usia kambing semakin lama waktu untuk merebusnya. Jika anda bingung dan tak bisa membedakan apakah itu kambing muda atau tua; anda bisa menge-cek-nya dengan cara mengorek dan menekan kulit dari kepala kambing. Jika kulit kepala kambing sudah lunak berarti kepala kambing siap untuk diolah. Sebaliknya bila masih keras, rebus dan cek kembali seperti yang telah diterangkan sebelumnya. Tujuan perebusan ini adalah supaya kepala kambing menjadi lunak dan mudah untuk diiris - iris. Tapi perlu diingat jika terlalu lunak kepala kambing tak akan enak bila diolah lagi. Intinya adalah kita merebusnya sampai lunak tapi daging maupun kulit masih terasa kenyal bila disentuh (setengah matang).yaaa.. anda bisa mengira - ngira sendirilah.






Kelima
Bila kepala kambing sudah terasa lunak tapi daging maupun kulit masih terasa kenyal bila disentuh, Anda bisa mengiris - irisnya menjadi kecil - kecil; tergantung selera anda, untuk kemudian diolah menjadi berbagai masakan yang lezat dan enak; terserah kemauan anda.
Cara yang sama bisa dilakukan untuk mengolah kaki kambing.Hanya saja tak seperti kepala kambing yang hampir 70% -nya adalah daging; kaki kambinglebih sedikit bagian dagingnya.teksturnya pun tak selunak kepala kambing ( tekstur daging dibagian kaki kambing seperti tekstur kulit kambing yang dimasak --atau orang jawa menyebutnya mirip daging Kikil.

CaraLainnya adalah
Disiapkan air bersih dan dipanaskan sampai mendidih. Selanjutnya potongan kaki hewan dimasukkan sebentar saja jangan terlalu lama. Setelah itu bulu-bulu yang melekat dapat langsung dikerik dengan menggunakan cukuran rambut dengan mudah. Kalau sudah bersih tinggal dimasukkan lagi ke air panas dan kemudian diambil kikilnya dari tulangnya.


Potongan kaki kambing/sapi akan dibersihkan.

Kaki kambing/sapi dibelah untuk diambil kikilnya.


Bagian telapak dibuang.

Kikil itu memang enak dan juga konon tidak banyak mengandung kolesterol. Kalau  ditempat kami dimasak gulai/sop. Tetapi setelah baca-baca di internet, ternyata juga banyak variasi masakan yang lezat dari bahan kikil ini.
Kalau mau tahu resep untuk membuat masakan enak dari kaki atau kepala hewan kurban, silakan tengok saja website lain. Contoh yang dapat dikunjungi adalah :
1. http://resepmasakanhalal.blogspot.com/2010/02/sup-kaki-sapi-sup-kikil.html
2. http://www.sajiansedap.com/recipe/detail/8692/kaledo
3. http://wahyusantoso.staff.umm.ac.id/hobby/masak-masak/masakan-padang/gulai-tunjang-kaki-sapi/
4. http://resepdantips.blogspot.com/2010/12/resep-sup-kaki-sapi.html

7 komentar:

  1. Bagus tipsnya, sangat bermanfaat.
    Kunjungi juga blog saya tentang cara muslimah memasak yang enak.
    http://trikmuslimah.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. Tadinya bingung cara ngolah kaki sapi boleh qurban..eh nemu resep di sini, ijin copy dan share ya..sangat bermanfaat...

    BalasHapus
  3. yah silahkan n jangan lupa langsung downlod ebooknya di halaman downlod

    BalasHapus
  4. Kalau bsa tambah lagi resep kepala sapi....
    Wenak rek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju tips untuk kepala sapi juga..dapet terus tiap idul Adha
      Thanks infonya

      Hapus
  5. Trims..
    Link ny ngebantu Aq bgt

    BalasHapus