Sabtu, 07 Desember 2013

Manfaat Daun Mint untuk Tubuh


Pernah makan daun mint rasanya aga pedas seperti kita makan permen mint terkadang suka dipake hiasan di puding,jus atau makanan yang disajikan di restoran .



Daun mint dikenal biasanya kita kenal sebagai penambah cita rasa yang khas yaitu mentol atau mint. Misalnya saja digunakan pada perasa untuk produk permen mint, makanan, kosmetik, pasta gigi, hingga obat-obatan. Akan tetapi bukan hanya itu saja manfaat daun mint, daun mint juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita.


Manfaat Daun Mint

Salah satu manfaat daun mint yang paling terkenal yaitu dapat mengatasi penyakit pencernaan seperti irritable bowel syndrome. Pada sebuah penelitian di tahun 2011 para peneliti menemukan bahwa minyak daun mint sangat baik mengurangi penyakit irritable bowel syndrome yang memiliki gejala sembelit, diare, kembung, mual, dan mulas. Selain itu daun mint juga digunakan secara turun-temurun untuk mengatasi gejala flu, peradangan di mulut dan tenggorokan, infeksi sinus, dan infeksi pernapasan. Beberapa orang juga memanfaatkan daun mint untuk mengurangi nyeri haid.

Untuk Anda yang ingin mendapatkan manfaat daun mint ini, Anda dapat membuat ramuan tradisional sendiri dengan cara menuang air hangat ke dalam gelas bersama dengan beberapa helai daun mint segar. Biarkan beberapa saat lalu nikmati teh mint ini untuk mengatasi sakit perut dan gangguan pencernaan. Kemudian untuk mengurangi sakit kepala, nyeri otot, saraf, sakit gigi, ruam alergi, infeksi bakteri, hingga menyembuhkan gatal akibat gigitan nyamuk, Anda dapat mengoleskan minyak daun mint pada bagian yang hendak diobati. Rasa hangat yang ditimbulkannya bisa meredakan rasa nyeri.

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan hangatnya mint untuk menyegarkan otot-otot kaki. Caranya cukup mudah, campurkan 1 cangkir garam laut, 1/3 cangkir minyak zaitun, dan 6 tetes minyak esensial pepermint. Gosokkan di kaki beberapa saat lalu bilas. Garam laut akan membuang sel kulit mati sementara rasa mentol akan meredakan nyeri otot. Kemudian bagi Anda yang hendak mengurangi nafsu makan dapat menghirup aroma minyak esensial daun mint setap dua jam sekali.

Manfaat daun mint bagi tubuh kita ternyata memiliki khasiat yang baik untuk meredakan dan menyembuhkan beberapa penyakit yang sedang dialami. Sekian informasi yang dapat inagurasi sampaikan, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar