Sabtu, 01 Juni 2013

Bumbu yang Haram


Khamar dan segala bentuknya telah disepakati keharamannya sehingga sebagi muslin dan muslimah yang baik kita sebaiknya menghindari bahan-bahan makanan tersebut. Kesulitannya adalah jika kita harus hidup dari berjualan makanan yang menggunakan bahan yang berjenis khamar tersebut.


Al:Baqarah 2:219: Mereka bertanya kepadamu tentang khamar  dan judi. Katakanlah: "Pada keduanya terdapat dosa yang besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya." Dan mereka bertanya kepadamu apa yang mereka nafkahkan. Katakanlah: " Yang lebih dari keperluan." Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu supaya kamu berfikir.

عن ‏ ‏ابن عمر ‏ ‏أن النبي ‏ ‏صلى الله عليه وسلم ‏ ‏قال ‏ ‏من شرب الخمر لم تقبل ‏‏ له صلاة ‏ ‏أربعين ليلة فإن تاب تاب الله عليه فإن عاد كان حقا على الله تعالى أن يسقيه من نهر ‏ ‏الخبال ‏ ‏قيل وما نهر الخبال قال صديد أهل النار ‏

Dari Ibnu Umar ra bahwa Nabi SAW bersabda, Orang yang minum khamar, tidak diterima shalatnya 40 hari. Siapa yang bertaubat, maka Allah memberinya taubat untuknya. Namun bila kembali lagi, maka hak Allah untuk memberinya minum dari sungai Khabal. Seseorang bertanya, Apakah sungai Khabal itu? Beliau menjawab, Nanahnya penduduk neraka.

عن ‏ ‏عبد الله بن عمرو ‏ ‏قال ‏ ‏قال رسول الله ‏ ‏صلى الله عليه وسلم ‏ ‏من شرب الخمر وسكر لم تقبل له صلاة أربعين صباحا وإن مات دخل النار فإن تاب تاب الله عليه وإن عاد فشرب فسكر لم تقبل له صلاة أربعين صباحا فإن مات دخل النار فإن تاب تاب الله عليه وإن عاد فشرب فسكر لم تقبل له صلاة أربعين صباحا فإن مات دخل النار فإن تاب تاب الله عليه وإن عاد كان حقا على الله أن يسقيه من ردغة الخبال يوم القيامة قالوا يا رسول الله وما ردغة الخبال قال عصارة أهل النار ‏
Dari Abdullah bin Amr berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, Orang yang minum khamar lalu mabuk, tidak diterima shalatnya 40 hari. Bila dia mati masuk neraka. Bila dia taubat, maka Allah akan mengampuninya. Namun bila kembali minum khamar dan mabuk, tidak diterima shalatnya 40 hari. Bila mati masuk neraka. Bila dia kembali minum, maka hak Allah untuk memberinya minum dari Radghatul Khabal di hari kiamat. Para shahabat bertanya, Ya Rasulallah, apakah Radaghatul khabal? Beliau menjawab, Perasan penduduk neraka.

Mana yang lebih keji: minuman khamr, zina atau mencuri? Menjawab pertanyaan ini, Khalifah Ali bin Abi Thalib menjawab tegas: Minuman khamar. “Sungguh, peminum khamar akan melakukan zina dan mencuri, serta tidak akan shalat!” katanya. Celakanya, khamar semacam minuman keras (miras) atau minuman beralkohol , sudah biasa dijadikan bahan masakan.

Beberapa Bumbu Beralkohol dan Penggantinya



Pada jenis-jenis masakan tertentu sering digunakan alkohol seperti arak, ang ciu, wine, mirin dan sebagainya. Salah satu contohnya adalah pada masakan cina, jepang, juga pada pembuatan kue tart. Bahkan pada masakan lokal seperti nasi goreng sering ditambahkan arak. Oleh karena itu diperlukan alternatif pengganti khamr atau minuman memabukkan tersebut dalam masakan.

Dalam makanan yang dibakar, seperti ikan bakar, daging panggang atau barberque, arak sering digunakan untuk melunakkan daging dan menciptakan aroma sensasional. Arak yang acap digunakan adalah jenis arak putih atau anggur beras ketan.

Secara umum daging atau ikan yang direndam arak biasanya lebih lunak, lebih empuk, dan memiliki aroma khas arak. Tetapi indikasi tersebut pada kenyataannya sulit dikenali karena daging yang lunak dan empuk juga bisa disebabkan enzim papaine dari daun atau getah pepaya. Sedangkan aroma arak tak mudah dikenali kecuali oleh orang yang berpengalaman.

Pengganti ini tentu saja tidak sama persis seperti menggunakan khamr, namun hanya menimbulkan rasa atau aroma yang mirip.Akan tetapi seperti telah disebutkan di atas, rasanya tidak akan bisa dikenali kecuali oleh orang yang sudah berpengalaman saja.

Ang Ciu atau Arak Cina 

Ang Ciu berasal dari fermentasi beras dan digunakan pada sebagian besar masakan Cina!.

Alternatifnya adalah campuran kecap asin dan perasan jeruk limau

Apple Brandy 
 
Alternatifnya adalah jus apel tanpa pemanis

Bourbon 
 
Boubon adalah hasil fermentasi dari beberapa biji-bijian, terutama jagung sebagai bahan utama.

Alternatifnya adalah ekstrak vanilla, jus cranberry atau jus anggur.


Bourbon

Brandy 
 
Brandy sendiri adalah hasil distilasi dan fermentasi dari anggur atau buah lainnya.

Alternatifnya adalah sirup buah cerry atau selai cerry.

Mirin

Merupakan fermentasi beras seperti sake, dan mengandung 40-50% gula.

Alternatifnya adalah jus anggur yang dicampur dengan perasan air jeruk lemon.

Muscat 
 
Muscat merupakan fermentasi anggur (putih) dan berasal dari perancis.

Alternatifnya adalah jus anggur yang ditambah dengan air dan gula putih.


Muscat

Red Wine

Alternatifnya adalah jus anggur, jus cranberry dan jus tomat.

Vodka

Vodka adalah hasil fermentasi dari gandum dan berasal dari Rusia. Akan tetapi saat ini juga banyak vodka yang berasal dari fermentasi beras, jagung, dan kentang.

Alternatifnya adalah sari buah apel atau jus anggur dicampur dengan perasan jeruk nipis.

White Brandy

Alternatifnya adalah anggur, sari buah apel, kaldu sayuran maupun air biasa.

Semua bumbu pengganti ini merupakan peluang bisnis bagi muslimin sejati yang berjiwa pengusaha.
Kajian Teknologi sendiri sedang berusaha untuk mendapatkan takaran yang pas. Masalahnya adalah: siapa yang akan mencicipi?

Halal lebih baik daripada sekedar mendapatkan sedikit keuntungan dunia.


Sumber Rujukan:
http://www.halalguide.info

print this page Print halaman ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar