Jumat, 10 Mei 2013

Buah Zaitun Dan Manfaatnya


Pengertian Zaitun

Zaitun (Olea europaea) adalah pohon kecil tahunandan hijau abadi, yang buah mudanya dapat dimakan mentah ataupun sesudah diawetkan sebagai penyegar. Buahnya yang tua diperas dan minyaknya diekstrak menjadi minyak zaitun yang dapat dipergunakan untuk berbagai macam keperluan. Zaitun adalah anggota suku Oleaceae.


Zaitun dalam al-Qur'an dan al-Hadits
Sesungguhnya Allah Ta’ala menurunkan penyakit dan obatnya, dan menjadikan setiap penyakit pasti ada obatnya. Maka berobatlah kalian, tapi jangan dengan yang haram.”
(HR. Abu Dawud)

Sejak 1400 tahun silam, Baginda Nabi Muhammad SAW, telah menganjurkan untuk mengkonsumsi minyak zaitun, mengingat sangat besar khasiat dalam kandungan minyak dari pohon/buah zaitun yang diberkahi. 

Dalam Firman Allah Ta’ala disebut, Maksud Ayat: “Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. perumpamaan cahaya Allah, adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. 

Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang yang bercahaya seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang berkah, yakni pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah baratnya, yang minyaknya  ampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. cahaya di atas cahaya berlapis-lapi), Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang dia kehendaki, dan Allah memperbuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia, dan Allah Maha mengetahui segala sesuatu”. (Annur : 35).

Dan dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan Maka kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman”. (Al-An’am:99). 

Dia (Allah) menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan”. (Annakhl : 11).

Disebut dalam hadis, bahwasanya Rasululloh SAW, bersabda, Maksud Hadis: “Makanlah kalian buah zaitun minyak zaitun dan gunakan menggosok (mengoles) dengan minyak zaitun, sesungguhnya (Zaitun) dari pohon yang diberkahi” (Attirmizdi & Ibnu Majah).

Dalam hadis yang lain dari Ibnu Umar, Rosululloh SAW, telah bersabda: “Makanlah kalian dengan buah zaitun minyak zaitun dan gunakan menggosok (mengoles) dengan minyak zaitun, sesungguhnya zaitun dari pohon yang diberkahi” (Al-Baihaqi & Ibnu Maja). 

Riwayat lain menjelaskan, bahwasanya Rasulullah SAW, bersabda : “Barangsiapa menggosok (badannya) dengan minyak zaitun, syaithon tidak akan mendekatinya”. Pohon zaitun itu tumbuh di puncak bukit ia dapat sinar matahari baik di waktu matahari terbit maupun di waktu matahari akan terbenam, sehingga pohonnya subur dan buahnya menghasilkan minyak yang baik. 

Jika diminum bermanfaat untuk: Menguatkan kandung empedu, menurunkan asam lambung (segala jenis minyak jika dikonsumsi mengganggu pencernaan, kecuali minyak zaiyun) Mencegah gangguan pencernaan, mengobati penyakit wasir, Mengobati Impotensi, Membantu datang bulan yang bermasalah, Menghilangkan racun dalam tubuh, Mencegah pertumbuhan sel sel kangker dan tumor, Menurunkan kadar gula dan kolesterol dan Mencegah penyakit diabetes. Jika dioleskan bermanfaat untuk: Menghilangkan flek dan kerut di wajah, Melindungi dari bakteri, Mencegah rontoknya rambut, Menghilangkan penyakit kulit, Menghaluskan & melembabkan kulit, Mencegah penuaan dini dan Menjaga kebersihan kulit kepala. Rosululloh SAW, adalah suri tauladan terbaik bagi kita umat islam. Suri tauladan tersebut mencakup semua aspek kehidupan kita, termasuk dalam memelihara kesehatan atau berobat dan mengobati orang sakit. 

Allah Ta’ala, berfirman : “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (Al-Ahzab : 21).


Rahasia Buah Zaitun Menurut” Al-Quran dan Rasulluloh saw”



 

banyak sekali makanan -makanan dalam alquran dan sunah,
seperti yang akan saya bahas tentang khasiat buah zaitun ,untuk obat maupun kesehatan dan kecantikan.
dalam AL QURAN
demi (buah) tin dan buah zaitun dan demi bukit sinai (QS al tin 1-2)


buah zaitun di dalam AL QURAN seperti QS  : abasa 27_31,  QS al _mukminun:20, QS AN NAHAL :10_11  dan AN AN AM: 141


buah zaitun sangat ber manfaat buat manusia ,seperti minyak , kayu , buah dan daun nya .
buah zaitun terdiri  atas 67% air 23% minyak zaitun, 5% protein dan 1% minral  buah zaitun mengandung berbagai macam vitamin, vitamin A ,dan D


“…………YANG MINYAK NYA (SAJA)HAMPIR HAMPIR MENERANGI  WALAU  PUN TIDAK DI SENTUH API… (QS AN_NUR :35)


RASULULOH SAW pernah berwasiat tentang khasiat zaitun  dalam hadist di riwayat kan ABU HURAIRAH R.A “makan lah minyak ZAITUN dan berminyak lah dengan nya karena ia termasuk pohon yang di berkahi.(HR TURMUDZI DAN IBNU MAJAH)



Manfaat minyak ZAITUN menurut kedokteran antara lain:


  • minyak  zaitun dapat meringankan dan meningkat kan pebentukan empedu ,batu ginjal, dan mengobati penyakit gula. cara nya minum dua sendok minyak zaitun di waktu pagi dan waktu sore (sebelum tidur) dapat pula di tambah kan perasan jeruk nipis.
  • mengobati penyakit rematik /peradangan pada tulang di buat obat gosok dari kepala bawang putih yang dilarut kan dalam 200 gram minyak zaitun di rendam selama tiga hari, di gosokan kepada tempat yang terasa sakit.
  • minyak zaitun untuk memelihara  kecantikan  menghilangkan kerut kerut pada wajah dan leher  cara nya dengan mengolesi minyak zaitun pada wajah dan leher dengan campuran setengah sendok zaitun ,kuning telor dan beberapa tetes perasan jeruk nipis (di buat sebagai masker) kemudian masker ini di bersih kan dengan air hangat setelah sepertiga jam
  • minyak zaitun untuk melumasi tubuh agar terlindung dari sinar matahari
  • minyak zaitun untuk menghindari kerontokan rambut
  • untuk mengobati pecah pecah pada tangan dan kaki

buah zaitun ber manfaat menguat kan perut besar membangkitkan selera makan  dan dapat mengobati berbagai penyakit hati /liver .
jika di kunyah daun zaitun dapat menghilang kan radang gusi dan tenggorokan
jika di iris iris dan di balut kan dengan air atau perasan nya bermanfaat untuk menyembuh kan luka luka dan bisul

  Ciri-ciri dan distribusi


Tanaman zaitun memiliki ciri-ciri di antaranya:
  • tumbuh sebagai perdu mempunyai bunga berbentuk lonceng
  • daun tunggal dengan kedudukan berhadapan tanpa daun penumpu
  • bunga banci atau berkelamin tunggal dan buah menumpang
  • buahnya berupa buah batu dengan biji memiliki endosperma

Zaitun mulai berbuah saat berumur lima tahun dan usianya dapat mencapai ribuan tahun, sehingga yang tadinya perdu telah menjadi pohon besar. Pohon zaitun yang berumur ribuan tahun di antaranya pernah ditemukan di Palestina yang bertahan hidup hingga 2000 tahun.

Distribusinya meliputi daerah-daerah iklim panas sampai iklim sedang. Kebanyakan jenisnya dapat ditemui di Asia dan daerah Laut Tengah. Tumbuhan ini masih berkerabat dengan melati (Jasminum sambac).

Simbol dan manfaat


Tangkai zaitun berdaun sering dipakai sebagai lambang perdamaian dan telah lama menjadi bagian kebudayaan Barat. Di dalam masyarakat ini dahan zaitun menjadi lambang perdamaian dan telah ditanam sejak ratusan tahun yang lalu untuk diambil buahnya yang sedap. Dari filosofi tersebut dapat kita ambil intisari bahwa dengan tumbuhnya zaitun akan membawa perdamaian.

Banyak manfaat dari pohon zaitun ini. Selain buahnya yang enak, kayu dari pohon zaitun juga sangat bagus, keras dan indah. Selain untuk dimakan buah zaitun juga digunakan sebagai penyedap makanan. Apabila diperas buahnya, kita dapat memperoleh minyaknya. Minyak ini dapat digunakan sebagai bumbu salad dan belakangan banyak digunakan untuk bahan kosmetik yang dapat menjaga kelembaban dan kekencangan kulit sehingga diyakini dapat menjadikan kulit awet muda.

Pondok pesantren Az Zaytun di Indramayu memiliki bulevar yang di sisinya ditanami pohon zaitun.


Sejarah Zaitun Dan Produksi


Pohon zaitun yang kembali ke tanggal awal kuno kali kedua dalam Alkitab dan tulisan-tulisan klasik. di awal tulisan ini, adalah minyak zaitun yang dirujuk sebagai simbol kebaikan dan kemurnian baik, dan pohon mewakili perdamaian dan kebahagiaan. kuno di kali, minyak juga dibakar di suci lampu di kuil selama olimpiade, dan juara adalah bermahkota dengan daun.

zaitun sudah dibudidayakan sejak prasejarah kali di asia kecil. hari ini zaitun yang diproduksi secara komersial di spanyol, italia, prancis, yunani, tunisia, maroko, kalkun, portugal, cina, chili, peru, brasil, meksiko, angola, africa selatan, uruguay, afganistan, Australia, Selandia Baru, dan california. Mediterania wilayah menghasilkan 93% dari produksi zaitun. Saat ini ada 800 juta pohon zaitun yang diusahakan. california adalah satu-satunya negara di mana zaitun yang tumbuh secara komersial. lebih dari 90% dari produksi zaitun digunakan untuk membuat minyak zaitun.

pohon zaitun yang merupakan pohon hijau. pohon tersebut dapat hidup menjadi lebih dari 2.000 tahun. mereka tumbuh 20-40 kaki tinggi dan mulai berbuah antara 4 dan 8 tahun. pohon yang mekar dengan bunga kecil keputih-putihan dan memiliki harum indah.
sebuah franciscan dai menanam pohon zaitun pertama di california di 1769 di franciscan misi di san diego. zaitun yang tumbuh di california disebut "misi zaitun". dari semua jenis zaitun, zaitun ini sangat baik untuk sektor minyak.

zaitun tidak dpt dimakan, hijau, atau masak, dan harus diperlakukan dengan lindi dan / atau sembuh dalam air garam kering atau sebelum dpt dimakan. mereka berisi sekitar 20% minyak. zaitun harus diproses untuk menghapus pahit glycoside oleuropein, sebelum mereka dpt dimakan, sehingga mereka biasanya pertama dirawat dengan lindi dan kemudian mabuk.

Yunani zaitun tidak dirawat dengan landa. acara pencicipan mereka kuat karena mereka hanya dikemas dalam kering garam, atau mabuk di laut selama 6 sampai 12 bulan (di mana mereka mengalami proses fermentasi susu), dan akhirnya dikemas dalam air tawar.

spanyol hijau zaitun yang dipilih sebelum mereka masak, dirawat dengan landa, dan kemudianditempatkan dalam air dan diperbolehkan untuk bergejolak.

california zaitun diperlakukan untuk mengatur pigmen, dirawat dengan lindi dan kemudian segera dikemas dalam air dan disterilkan. mereka tidak mengalami proses fermentasi, dan sterilisasi 'Cooks' mereka. ini kurangnya fermentasi dan 'memasak' ketika mereka disterilkan memproduksi sebuah lunak, sepa zaitun

sepuluh media hitam ukuran zaitun memiliki 50 kalori dan 4 gram lemak.

Minyak Zaitun: Sejarah, Jenis dan Kegunaan.

Minyak zaitun berasal dari  buah zaitun yang pohonnya pertama kali ditemukan di daerah Crete, Yunani sekitar 5000 atau  7000 tahun yang lalu.  Sejak zaman tersebut, pohon zaitun  merupakan sumber pangan, minyak, kayu ,obat obatan dan dijadikan symbol kebijakan dan perdamaian.  Pohon zaitun dianggap sebagai  pohon suci, siapapun yang berani untuk menebang akan dihukum atau diasingkan.  Dari daerah Crete, pohon zaitun menyebar ke daerah Amerika, Syria, Palestina dan Israel, namun pusat penanaman pohon zaitun tetap berada di negara negara Medditerania seperti Spanyol, Portugis, Turki, Itali dan Yunani.


Minyak zaitun merupakan satu satunya minyak dari tumbuh tumbuhan yang dapat langsung dikonsumsi setelah diperas dari buahnya.  Umumnya minyak zaitun didapat dengan cara memeras buah zaitun, tanpa melibatkan panas atau bahan kimia.  Berdasarkan tahapan produksinya, minyak zaitun  dibagi menjadi:
  1. Extra virgin oil merupakan minyak yang berasal dari perasan pertama buah zaitun. Extra virgin olive oil dianggap sebagai minyak zaitun dengan kualitas terbaik karena tahapan proses produksinya sedikit sehingga kandungan antoksidannnya (fenol dan Vit E) tinggi. Karena kemurniannya, umumnya minya zaitun jenis ini lebih mahal, namun mngkin tidak begitu berarti dibanding manfaat kesehatan yang diberikan.
  2. Virgin oil merupakan minyak zaitun yang berasal dari perasan kedua.
  3. Pure merupakan minyak zaitun yang mengalami beberapa proses seperti penyaringan dan pemurnian.
  4. Extra light merupakan minyak zaitun yang mengalami beberapa proses sehingga kadar minyak zaitunnya sudah banyak yang hilang.
Kandungan minyak  yang tinggi dalam buah zaitun tercermin dari namanya, Olea europea, olea sendiri dalam bahasa latin berarti minyak. Kunci dari khasiat minyak zaitun terletak pada kandungan lemak tak jenuh tunggal,  antioksidan, klorofil, karoten dan senyawa  polyfenolik seperti tyrosol, hydrotyrosol dan oleuropein. Kandungan antioksidan dalam  minyak zaitun tidak hanya berfungsi sebagai penangkap radikal bebas, namun juga berfungsi sebagai pelindung Vitamin E dalam minyak zaitun


Kandungan lemak tak jenuh tunggal pada minyak zaitu merupakan yang tertinggi dibandingkan minyak minyak alami jenis lain, terutama kandungan asam oleatnya. Berkat kandungan lemak tak jenuh tunggalnya dan antioksidannya, minyak zaitun mampu:
1.Melindungi tubuh dari penyakit jantung  dengan cara mengendalikan  lemak jahat (LDL) dan meningkatkan lemak yang baik (HDL) dan darah tinggi.  Karena khasiatnya dalam mencegah penyakit jantung, muali November  tahun 2004, United States Food and Drug Administration mengijinkan label pada produk minyak zaitun untuk mencantumkan  manfaat konsumsi 2 sendok makan  minyak zaitun setiap hari untuk melindungi tubuh dari penyakit jantung
2. Mencegah kanker usus dan payudara.
3. Melindungi penyakit penyakit yang berkaitan dengan penuaan seperti  atherosclerosis, diabetes, asma dan arthritis
4.Memperpanjang usia
5. Menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan insulin pada penderita diabetes tipe 2.
6. Mencegah  osteoporosis.
7. Mencegah petumbuhan H.pylori, bakteri yang diduga terkait dengan maag dan kanker lambung. Helicobater pylori menunjukkan perkembangan resistensi terhadap antibiotik sehingga saat ini para peneliti mengarah pada komponen kaya akan  polifenol untuk menghambat pertumbuhan bakteri H.pylori.
Konsumsi minyak zaitun, dalam bentuk cair maupun yang sudah dikemas dalam bentuk kapsul tidak menimbulkan efek negatif bagi  lambung. Lambung sendiri  justru terbantu dengan minyak zaitun karena melindungi lambung dari maag dan gastritis. Minyak zaitun memicu produksi cairan empedu dan hormon yang dihasilkan  pankreas sehingga menurunkan kemungkinan terjadinya batu empedu.


MANFAAT MINYAK DAN BUAH ZAITUN
Besarnya manfaat minyak dan buah zaitun dikenal diberbagai budaya dan agama.
Selain digunakan untuk berbagai upacara, minyak dan buah zaitun juga dikonsumsi untuk menjaga kesehatan. Sekitar 1.400 tahun lalu, Nabi Muhammad telah memberikan nasehat untuk memnggunakan minyak zaitun, olive oil, buat kesehatan tubuh dan kulit. Beliau sendiri juga menggunakannya untuk minyak rambut.


Sebuah mitos Yunani mengatakan, tanaman zaitun ditemukan oleh Dewi Athena, kemudian ditanam di Pegunungan Akropolis untuk masyarakat Yunani. Minyak zaitun berguna sebagai penerangan, obat dan parfum. Karena jasanya menemukan zaitun, yang ternyata sangat banyak manfaatnya, maka nama Dewi Athena diabadikan sebagai nama ibu kota Yunani, yaitu Athen sampai sekarang yang telah kita kenal. Bahkan karena manfaatnya yang begitu besar pula, tanaman tersebut oleh orang Yunani dianggap suci dan dijaga dengan ketat , bahkan yang berani merusaknya akan dihukum gantung atau pancung.


Dalam budaya kuno, minyak dan buah zaitun merupakan komoditas penting, sehingga kapal-kapal besar dibangun untuk mentransportasikakan dari Yunani keseluruh penjuru Timur Tengah. Di kawasan Timur Tengah, zaitun dihargai lebih dari sekedar buah, zaitun dijadikan simbol perdamaian, daun dan rantingnya telah lama menjadi mahkota para juara olahraga atau pemenang perang. Minyak zaitun juga telah melumuri kepala para pemimpin sepanjang sejarah. Zaitun sepertinya telah dikenal sejak zaman kuno, sebuah fosil pohon zaitun, yang diperkirakan berumur kurang lebih 20 ribu tahun, ditemukan didaerah Livorno, Italia. Uniknya, pembudidayaan tanaman ini justru banyak merebak di Timur Tengah, melalui Iran, Syiria, Palestina dan sekitarnya. Seputar 6000 tahun lalu, dan akhirnya beberapa ratus tahun lalu zaitun menembus Amerika, Jepang, New Zealand dan Australia, hal ini dikarenakan besarnya manfaat minyak dan buah zaitun. Minyak yang berasal dari buah zaitun, kebanyakan dimakan begitu saja dengan salad. Selain beberapa manfaat yang telah disebutkan diatas, dibawah ini terdapat besarnya manfaat minyak dan buah zaitun 
antara lain, yaitu :
  • Dapat mencegah penyakit Jantung dan Kanker
  • Dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah
  • Dapat menghaluskan Kulit dan menyuburkan Rambut, bila dioleskan secara teratur
  • Dapat digunakan sebagai parfum
  • Dapat disajikan sebagai hidangan dan makanan kecil

Berbagai ragam minyak zaitun, tergantung proses pembuatan dan kegunaannya. Contohnya “Original Oil” yang tidak beraroma, dapat digunakan untuk menggoreng atau keperluan memasak. Sedangkan “Extra-virgin Olive Oil” yang diambil dari perasan buah zaitun pertama, mempunyai aroma yang khas. Biasanya minyak ini digunakan pada salad atau sup yang membutuhkan cita rasa zaitun, beda dengan “Virgin Olive Oil” biasa digunakan oleh orang Italia dan Spanyol untuk menghidangkan pesta. Minyak ini juga sehat untuk menumis.


Dari semua jenis minyak dan buah zaitun diatas, “Extra-virgin Olive Oil” yang paling mudah dicerna dan paling baik untuk kesehatan. Minyak jenis ini mengandung zat yang disebut “essential acids” yaitu, zat yang tidak dapat diproduksi secara alami oleh tubuh, untuk menjaga kesehatan hati, sistem pencernaan dan melambatkan proses penuaan.

semoga bermanfaat

Dariberbagai sumber 

                                         Video khasiat buah zaitun


 
print this page Print halaman ini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar