Kamis, 10 Oktober 2013

Daun Suji Untuk Obat Batuk



Kalau bicara tentang daun suji selalu identik dengan pewarna alami untuk makanan.  

Penggunaan daun suji untuk pewarna makanan cukup mudah ambil bebrapa lembar daun kemudian tumbuk dan peras airnya dan saring anda akan mendapatkan pewarna berwarna hijau pekat. 

Daun suji mempunyai nama ilmia Pleomele angustifolia ini masuk dalam falimi Liliaceae, meski tidak berkerabat dengan pandan di beberapa daerah menyebut daun suji dengan Pandan Betawi.  Warna Hijau yang dihasilkan saat kita memeras daun suji menunjukkan adanya kandungan Klorofil (zat Hijau Daun) yang sangat tinggi. 

Klorofil dan beberapa turunannya dapat berfungsi sebagai antioksidan, serta daya hipokolesterolemik secara in vivo. Kedua aktivitas kimiawi ini sangat baik untuk menekan penyakit Aterosklerosis. Aterosklorosis dipicu oleh kolesterol lipoprotein berdensitas rendah (LDL/Low Density Lipoprotein) yang teroksidasi.

Beikut Contoh ramuan dengan daun suji
 

Obat batuk berlendir dan berdarah
20 lembar daun suji dicuci  sampai bersih, tumbuk sampai lumat, dan tambah air sebanyak ½ gelas. Setelah itu peras dan minum 2 kali sehari pagi dan malam.

Selain itu daun suji dan bagian lain dari pohonnya juga bisa mengobati mengobati penyakit kencing nanah, Nyeri Lambung, Beri-beri, Nyeri pada saat Haid, Disentri dan bisa digunakan sebagai Zat Anti Racun.

print this page Print halaman ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar