Jumat, 02 Agustus 2013

Sunah Minum Susu Kambing


Menurut Journal of American Medicine, susu kambing adalah makanan paling lengkap yang diketahui. Ia mengandung vitamin, mineral, elektrolit, unsur kimiawi, enzim, protein, dan asam lemak yang mudah dimanfaatkan tubuh Anda. Bahkan, tubuh Anda dapat mencerna susu kambing hanya dalam 20 menit. Bandingkan dengan 2-3 jam yang dibutuhkan untuk mencerna susu sapi!

Susu kambing adalah susu yang paling mirip dengan susu ibu dari segi komposisi, nutrisi, dan sifat kimia alami. Hal ini membuat susu kambing menjadi makanan ideal untuk menyapih anak. Eter gliserol yang jauh lebih tinggi pada susu kambing dibandingkan pada susu sapi juga membuat beberapa dokter merekomendasikannya untuk perawatan gizi bayi yang baru lahir.


Meskipun susu kambing adalah jenis susu yang disebut-sebut dalam Al Quran dan Alkitab dan meskipun di seluruh dunia lebih banyak orang meminum susu kambing daripada susu sapi, kita di Indonesia tidak terbiasa meminumnya. Orang Baratlah (Belanda) yang membiasakan kita semua lebih suka meminum susu sapi daripada susu kambing! Susu kambing berkualitas tinggi memiliki rasa manis yang lezat dan kadang-kadang terasa sedikit asin, tidak kalah enak dibandingkan susu sapi.

Salah satu sunnah Rasulullah yang mungkin kita lupakan adalah tentang mengkonsumsi susu kambing, dan ternyata khasiatnya jauh lebih baik daripada susu sapi.

Apa sajakah manfaat yang ada di dalamnya? Kami akan jelaskan satu persatu sedetail mungkin.

Berikut ini adalah 7 manfaat susu kambing yang jarang terungkap dan tidak diketahui oleh orang banyak.

Menghindari penumpukan lendir

Susu sapi tinggi akan lemak, inilah penyebab utama terjadinya penumpukan lendir yang membuat sebagian orang lebih rentan terhadap penyakit pernafasan.

Menenangkan sistem pencernaan


Tidak adanya kandungan protein kompleks pada produk ini membuatnya baik dikonsumsi oleh semua orang, bahkan bagi seseorang yang memiliki alergi sekalipun.

Selain keuntungan tersebut, produk alami ini diyakini dapat menenangkan sistem pencernaan manusia sehingga dapat menigkatkan fungsi organ tersebut.

Mengandung lemak esensial


Kandungan lemak esensial yang terdapat di dalamnya membuatnya baik dikonsumsi mentah-mentah bahkan bagi mereka yang tidak terlalu bersahabat dengan laktosa sekalipun.

Selain khasiat di atas, kandungan yang terdapat di dalamnya diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol dan aman dikonsumsi oleh orang yang memiliki gangguan pada organ ususnya.

Baik bagi pasien radang usus

Sifat probiotik yang ada dalamnya membuat sistem pencernaan berfungsi lebih baik lagi sehingga bagus untuk dikonsumsi oleh orang yang mengidap penyakit radang usus.

Tinggi kalsium

Kandungan kalsium yang ada di dalamnya, membuatnya baik untuk perkembangan dan kekuatan tulang serta gigi. Tanpa kalsium yang cukup maka tulang akan mengalami penipisan dan pengeroposan.

Meningkatkan energi


Kambing dikenal sebagai hewan boi organik natrium, bio organik natrium sendiri merupakan senyawa atau elemen yang membuat persendian tetap dalam keadaan baik.

Meningkatkan metabolisme tubuh


Hasil penelitian menunjukkan bahwa susu kambing dapat meningkatkan metabolisme tubuh seseorang, metabolisme yang baik diperlukan oleh tubuh agar dapat mengurangi resiko berbagai gangguan kesehatan.

Di atas merupakan beberapa manfaat susu kambing yang bisa kita dapatkan jika mengkonsumsinya secara teratur. Bila anda bingung memilih mana apa yang baik buat anda, maka kenali dulu semua manfaat pada produk tersebut.

Manfaat  Susu Kambing Ditinjau Dari Kesehatan
Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan berkaitan dengan konsumsi susu kambing murni:

1. Susu kambing kurang menimbulkan alergi – susu ini tidak berisi protein kompleks yang merangsang reaksi alergi seperti pada susu sapi.

2. Susu kambing tidak menekan sistem kekebalan.

3. Susu kambing membasakan sistem pencernaan. Susu ini berisi alkali basa sehingga tidak menghasilkan asam dalam sistem usus.

4. Susu kambing membantu meningkatkan pH aliran darah.

5. Susu kambing mengandung asam lemak seperti asam kaprilat dan kaprat yang sangat antimikroba. (Mereka benar-benar membunuh bakteri yang digunakan untuk menguji keberadaan antibiotik dalam susu sapi!)

6. Susu kambing tidak menimbulkan lendir dan  tidak merangsang respons pertahanan sistem kekebalan tubuh manusia.

7. Susu kambing merupakan sumber yang kaya mineral selenium sebagai nutrisi yang diperlukan untuk kekebalan tubuh dan bersifat antioksidan.
print this page Print halaman ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar