Jumat, 19 April 2013

Kurma Untuk Ibu Hamil

   Catatan ini hanya sedikit dari hal yang seharusnya diketahui oleh wanita yang mengalami kehamilan, semoga ada manfaatnya.



  Ibu hamil sangat dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, baik melalui sholat, mengaji, dzikir dan ibadah-ibadah lainnya yang tak lain tujuannya agar mampu melahirkan generasi yang bertaqwa serta beramal sholeh, dan tentunya ingin melahirkan secara lancar.



  Saya membaca tentang manfaat kurma untuk ibu hamil, ternyata buah kurma dianjurkan untuk dikonsumsi, karena kurma banyak sekali manfaatnya bagi ibu-ibu yang akan melahirkan (kehamilan di atas 8 bulan) dan setelah melahirkan. Tamr (kurma kering) berfungsi untuk menguatkan sel-sel usus dan dapat membantu melancarkan saluran kencing karena mengandung serabut-serabut yang bertugas mengontrol laju gerak usus dan menguatkan rahim terutama ketika melahirkan.



 Penelitian yang terbaru menyatakan bahwa buah ruthab (kurma basah) mempunyai pengaruh mengontrol laju gerak rahim dan menambah masa systolenya (kontraksi jantung ketika darah dipompa ke pembuluh nadi). Bahkan Alloh Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan Maryam binti Imran untuk memakan buah kurma ketika akan melahirkan, dikarenakan buah kurma mengenyangkan juga membuat gerakan kontraksi rahim bertambah teratur, sehingga Maryam dengan mudah melahirkan anaknya. Alloh SWT berfirman:



 “Artinya : Dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu kearahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu, maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah, ‘Sesungguhnya aku telah bernadzar berpuasa untuk Rabb Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusia pun pada hari ini”. (Maryam : 25-26).



Hafizh Ibnu Katsir rahimahullah membawakan perkataan ‘Amr bin Maimun di dalam tafsirnya :

 “Tidak ada sesuatu yang lebih baik bagi perempuan nifas kecuali kurma kering dan kurma basah”.

 Dokter Muhammad An-Nasimi dalam kitabnya, Ath-Thibb An-Nabawy wal Ilmil Hadits (II/293-294) mengatakan, “Hikmah dari ayat yang mulia ini secara kedokteran adalah, perempuan hamil yang akan melahirkan itu sangat membutuhkan minuman dan makanan yang kaya akan unsur gula, hal ini karena banyaknya kontraksi otot-otot rahim ketika akan mengeluarkan bayi, terlebih lagi apabila hal itu membutuhkan waktu yang lama.



 Kandungan gula dan vitamin B1 sangat membantu untuk mengontrol laju gerak rahim dan menambah masa sistolenya (kontraksi jantung ketika darah dippompa ke pembuluh nadi). Dan kedua unsur itu banyak terkandung dalam ruthab (kurma basah). Kandungan gula dalam ruthab sangat mudah untuk dicerna dengan cepat oleh tubuh”. Buah kurma matang sangat kaya dengan unsur Kalsium dan besi. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi perempuan yang sedang hamil dan yang akan melahirkan, bahkan Alloh SWT memerintahkan kepada Maryam Al-Adzra (perawan) untuk memakannya ketika sedang nifas (setelah melahirkan).



 Kadar besi dan Kalsium yang dikandung buah kurma matang sangat mencukupi dan penting sekali dalam proses pembentukan air susu ibu. Kadar zat besi dan Kalsium yang dikandung buah kurma dapat menggantikan tenaga ibu yang terkuras saat melahirkan atau menyusui. Zat besi dan Kalsium merupakan dua unsur efektif dan penting bagi pertumbuhan bayi. Alasannya , dua unsur ini merupakan unsur yang paling berpengaruh dalam pembentukan darah dan tulang sumsum.




 Oleh karena itu Mulai dari sekarang cobalah untuk konsumsi kurma basah ruthob


 1. Untuk yang perempuan Konsumsi Kurma Ruthob Muda Warna Kuning atau Hijau, secara rutin dan jangan lupa untuk berdoa ( Sholat wajib 5 waktu jangan tinggal, laksanakan sholat sunnah untuk mendekatkan kepada ALLAH agar hajat kita dikabulkan, Sholat Tobat 2 rakaat sesudah sholat isya, sholat hajat meminta apa yang menjadi hajat kita, malamnya kita bangun jam 2, untuk meminta apa yang kita kehendaki, semoga apa yang menjadi hajat bapak dan ibu ALLAH kabulkan. Amin.



 2. Untuk kesuburan sperma dan kualitas vitalitas pria, yang pria / suami rutin konsumsi kurma ruthob muda warna merah, jangan lupa pendekatan diri kita kepada ALLAH, semoga apa yang menjadi hajat kita Allah Kabulkan. Amin.

  Selamat mencoba, semoga Alloh SWT memberikan kemudahan bagi istri anda pada saat-saat akan melahirkan. Dan semoga anak yang terlahirkan menjadi anak yang soleh/soleha, taat beribadah dan berguna bagi seluruh umat manusia.







KHASIAT KURMA RUTHOB MUDA ( Warna Kuning, Hijau atau Merah )


 1. Khasiat Kurma Muda Ruthob warna kuning atau hijau   
 Untuk anda yang belum mendapatkan Anak  / keturunan, dan bagi mereka yang ingin agar hidup sehat mari kita konsumsi kurma muda ruthob ( Warna Merah, Hijau atau Kuning )



 Ruthab juga adalah memakan yang kaya sekali dengan unsur-unsur kalsium dan besi. Oleh karena itu, Allah SWT menganugerahkannya untuk para wanita yang sedang nifas. Sebagaimana Allah SWT telah memerintahkan ibuda Maryam, al-‘Azra, untuk memakannya pada saat nifas,  karena kedua unsur penting seperti besi dan kalsium ada dalam ruthab ini dengan kadar yang cukup.  Ruthab ini pun penting untuk memproduksi susu dan bayi yang menyusu, mengingat ia dapat mengganti zat-zat yang hilang dalam tubuh ibu ketika  melahirkan atau ketika menyusui.



 Besi dan kalsium juga merupakan unsur penting bagi pertumbuhan anak yang sedang menyusui karena keduanya merupakan unsur yang paling menentukan dalam pembentukkan darah, sumsusm tulang belakang dan tulang.



 Untuk Kesuburan Pria atau Vitalitas pria Konsumsi kurma Muda ruthob warna merah secara continu, Insya Allah apabila baik istri dan suami  sudah mengkonsumsi  secara bersama, Insya Allah semoga apa yang menjadi hajat kita Allah Kabulkan. Amin Ya Rabb.







                           
2. Keutamaan / Khasiat Kurma Ajwah

Qola rasulullah shollahu ‘alaihi wasallam :

man tashabbaha kulla yaumin sab’a tamaraatin ‘ajwatan lam yadhurrahu fii dzalikal yaumi summun walaa sihrun”. (shohiihul bukhaari) 

 Sabda Rasulullah SAW :
 “Barang siapa yang makan pagi dengan tujuh butir kurma Ajwah, maka tak akan mencelakainya racun dan sihir dihari itu”. (Riwayat Shahih Al-Bukhari)

 Hadits ini menjelaskan tentang keutamaan sunnah memakan buah kurma ajwah di pagi hari. Buah kurma sebagaimana di ketahui memang mempunyai khasiat tertentu untuk pengobatan, seperti untuk meningkatkan kadar gula darah, kemudian katanya juga bisa untuk mengobati katarak pada mata dengan memakan paling sedikit 3 buah kurma selama beberapa bulan.



 Pada hadits diatas dikatakan kurma ajwah  (yaitu kurma yang ditanam langsung oleh rasulullah saw di madinah), jadi bukan kurma yang biasa. Kurma ini bentuknya tidak lebih besar dari kurma yang lainnya, biasanya hanya setengah ibu jari kita, warnanya lebih hitam dari kurma yang lain, ada juga yang menyebutnya kurma Nabi, karena memang ditanam langsung oleh Rasulullah.



 Hadits ini menjelaskan bahwa kurma ajwah bisa untuk menangkal racun dan sihir, mungkin karena kandungan yang ada di dalam kurma ini yang menyebabkan bisa untuk menetralisir racun, karena itulah nabi menganjurkannya memakan 7 buah di pagi hari. Lalu kenapa bisa untuk menangkal sihir, ini menjelaskan bahwa kurma ini membawa keberkahan bagi yang memakannya, di sebabkan Nabi saw sendiri yang menanamnya, bibit dari kurma ini telah bersentuhan dengan tangan baginda Nabi saw yang mulia, yang memang membawa keberkahan, karena itulah kurma ini bisa menangkal sihir.



 Pohon kurma ajwah ini masih ada di madinah sampai sekarang, jadi sudah lebih dari 14 abad atau 1429 tahun sejak pertama kali di tanam oleh rasulullah saw, jumlahnya hanya sekitar seratusan pohon.



 mengingat khasiatnya kurma ini Ruthob dan Kurma Azwa / Rasul ini., jangan lupa untuk mengkonsumsinya, berdoa sebelum memakannya, semoga Allah memberikan kita keturunan Anak - anak yang soleh dan soleha, dan Allah menjaga kita. Amin Ya Rabbal Alamin.

























Sponsor Kami:


print this page Print halaman ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar